Minggu, 13 Desember 2015

Starting Motor Listrik Menggunakan Sistem DOL (Direct On-Line)

Salah satu sistem yang biasa digunakan untuk menjalankan motor listrik baik pada aplikasi perumahan, bangunan komersil dan industri adalah Sistem DOL (Direct On-line). Sistem DOL untuk starting motor listrik  ini cukup mudah dalam instalasinya, karena menggunakan komponen utama kontaktor dan overload relay/thermal over relay.
sistem dol starting motor
Pada umumnya penggunaan starting motor listrik dengan sistem DOL (Direct On-line) digunakan untuk menjalakan motor listrik yang berdaya kecil sebagaii contoh misalnya pada pompa air dan blower fan. sedangkan motor listrik yang berdaya menengah dan besar biasa digunakan stating motor listrik sistem Way-Delta, Autotransformer, Soft-starter, dan Variable Frequency Drive (VFD).

Berikut contoh wirng kontrol sistem DOL (Direct On-line) :

Direct On-line Starting Motor System
Rangkaian/Wiring Kontrol Starting Motor Sistem DOL (Direct On-line) 1

Direct On-Line Starting Motor System
Rangkaian/Wiring Kontrol Starting Motor Listrik Sistem DOL (Direct Online) 2
Dalam membuat rangkaian starting motor listrik sistem DOL (Direct On-line) patut diperhitungkan jenis dan kapsitas komponen yang digunakan, dan sesuai dengan spesifikasi motor listrik yang digunakan. +Celebes Teknik Nusantara Kontraktor Listrik, Panel Maker dan Supplier.

Link Reference:

Keyword: motor listrik, starting motor listrik, panel motor listrik, rangkaian motor listrik, kontrol motor listrik, sistem starting motor listrik, komponen panel motor listrik, wiring kontrol, sistem DOL, direct on-line, metode starting motor listrik, sistem starting motor listrik.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar